December 9, 2019

Sejarah Hadirnya MotoGP di Dunia

Sebelum lebih jauh masuk kedalam MotoGP, mari kita bahas dan kupas tuntas sejarah dari MotoGP itu sendiri. Seperti yang anda sudah ketahui Balap motor Grand Prix adalah kelas utama dari acara balap sepeda motor yang diadakan di arena khusus yang disetujui dan di approved oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) sebagai badan pengatur internasional khusus untuk olahraga sepeda motor. Pada tahun 1949 FIM sendiri mendapatkan kesempatan untuk mengoordinasikan peraturan dan peraturan agar acara yang dipilih dapat diperhitungkan dalam Kejuaraan Dunia resmi. Peristiwa besar nasional sering diberi gelar Grand Prix, Ini adalah kejuaraan dunia motorsport tertua yang didirikan.

MotoGP sendiri, hak kelolanya sudah di miliki oleh Dorna Sport. Mereka adalah sebuah badan yang telah memiliki hak komersial untuk MotoGP, dan mereka sendiri dibawah pengawasan dari FIM yang berperan sebagai badan sanksi olahraga yang memastikan Dorna Sport berada didalam jalur yang benar. Dorna Sports sendiri memiliki tim untuk menjadi representasi mereka, diantaranya adalah IRTA atau sering dikenal dengan International Road Racing Teams Association. Juga mereka memiliki tim produksi khusus yaitu MSMA atau Motorcycle Sport Manufacturers Association. Aturan dan perubahan peraturan diputuskan antara empat entitas khusus ini.

Mereka mengeluarkan peraturan untuk kompetisi sepeda motor untuk pertama kalinya pada tahun 1949. Sudah cukup lama dan tua kan? Di jaman itu kejuaraan ini di bagi menjadi beberapa kelas, untuk kejuaran dunia ini, kelas utamanya adalah kelas 500cc. Dan pada tahun 2002 peraturan diubah dan terciptalah kelas MotoGP dimana disana terjadi kompetisi antara mesin 2-tak dan mesin 4-tak dan jumlah cc dari kelas 500cc hingga 990cc berkompetisi bersama.

Tidak cuma pada saat itu MotoGP melakukan perubahan pada peraturan dan regulasinya. Kejuaran dunia MotoGP ini terus melakukan perubahan, diantaranya pada tahun 2004 dan tahu 2007. Pada tahun 2004 terjadi perubahan yaitu membatasi kejuaraan ini hanya untuk mesin 4-tak dan pada 2007 tercipta juga sebuah peraturan baru yaitu membuat keputusan untuk pemasok ban dalam kejuaraan ini adalah pemasok tunggal dan membatasi jumlah ban yang dapat di gunakan selama perlombaan berlangsung serta mengurangi jumlah hari uji.

Untuk tahun selanjutnya yaitu tahun 2010 terjadi perubahan kembali pada regulasi MotoGP. Terjadi pembatasan jumlah mesin yang dapat di gunakan oleh pengendara menjadi 6 unit saja untuk satu musim. Pada tahun 2011 adalah perlombaan terakhir untuk mesin kelas 800cc, dan pada tahun 2012 motor dengan kekuatan 1000cc dapat masuk ke dalam perlombaan. Pada tahun 2014 terjadi sebuah perubahan besar yaitu MotoGP memaksa semua tim untuk menggunakan ECU yang memenuhi standar dari MotoGP. Pada tahun 2015 semua system management engine termasuk injector, system pemasukan variable, pengapian dan juga system pintas tidak boleh di modifikasi dan harus menggunakan ECU asli. Pada tahun ini juga terjadi perubahan untuk bobot minimum mesin 100cc harus berkurang sekitar kurang lebih 2kg dari 160kg pada awalnya menjadi 158kg. serta cakram rem karbon harus memiliki ukuran yang di haruskan yaitu 320mm dan 340mm. dan pada sirkuit tertentu diharuskan menggunakan cakram rem karbon 340mm karena alasan keamanan.

Dengan semua perubahan yang terjadi, membuat MotoGP menjadi semakin mantap di era baru ini. Teknologi elektronik terbaru yang digunakan diseluruh perlombaan. Balapan semakin efisien dengan jarak tempuh sekitar 120km hanya membutuhkan waktu 40 menit untuk di selesaikan. Kecepatan motor dapat mencapai kecepatan kurang lebih 340km / jam. Dan selalu tersedia sirkuit lurus untuk mencapai top speed di setiap arenanya.

Itulah sedikit cerita dari sejarah MotoGP. Semoga sebagian cerita tentang sejarah MotoGP ini akan membuat Anda semua mengerti apa itu MotoGP dan juga semakin membuat anda semakin ingin mengenal dan mengikuti semua perkembangan di dalam dunia MotoGP. Jangan lupa untuk berbagi yah, sehingga semakin banyak orang tahu info tentang MotoGP. Selamat berbagi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *